Breaking News
Loading...
Minggu, 24 April 2016

HARI KARTINI: PESERTA PKH BELAJAR MENJADI PEREMPUAN SUKSES DAN MANDIRI


Pekanbaru - Sosok Kartini merupakan teladan bagi wanita-wanita Indonesia. Pribadinya yang lembut, namun tegas mencerminkan bahwa seorang wanita selayaknya mendapat perlakuan yang baik dan pendidikan yang setara dengan kaum lelaki. Sebagaimana isi surat Kartini, “Kami di sini memohon pengusahaan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama.”

            Gagasan-gagasan Kartini menjadi inspirasi buat Ibu-Ibu Peserta PKH Kecamatan Rumbai Pesisir sehingga termotivasi untuk mengembangkan sisi-sisi kemandirian dan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki. Melalui peringatan Hari Kartini pada Sabtu, 23 April 2016, PKH Kecamatan Rumbai Pesisir mengadakan seminar motivasi di Aula Kantor Lurah Lembah Sari. Indria Rita (Istri dari Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi) menjadi narasumber dalam acara tersebut.
            “Belajar dari kisah Ibu Kartini, semestinya wanita-wanita PKH menjadi ibu-ibu cerdas dan sukses dalam mendidik anak-anak. Jauh sebelum Ibu Kartini lahir, Islam telah mengajarkan cara memuliakan wanita. Melalui kodrat yang Allah berikan, seorang wanita harus menerima kondisi saat harus menaati suaminya. Harus ikhlas saat harus hamil dan menyusui karena dalam setiap pengorbanan tersebut terdapat pahala yang luar biasa. Setiap orang pasti bisa sukses dengan empat cara berikut: niat yang kuat, berilmu, lingkungan yang baik, dan doa,” urai Indria Rita.
            Para peserta yang berasal dari Kelurahan Limbungan, Limbungan Baru, dan Lembah Sari mengikuti acara mulai dari pukul 08.30 s.d. 12.00 WIB. Sebanyak 125 peserta PKH di bawah dampingan Listi Mora Rangkuti, hadir dengan semangat Hari Kartini. Setiap anggota kelompok membuat kreasi masing-masing. Mereka menmpilkan sulam pita pada jilbab, bolu ubi pelangi, bolu kemojo, hiasan kotak tisu dari karton bekas dan tali plastik, berbagai olahan ikan lele, bolu nenas, rujak semarang, roti ketawa, dll. Dari keempat kelompok, kelompok terbaik diraih oleh Kelompok Lembah Sari 1. Selanjutnya Kelompok Limbungan, seterusnya Kelompok Lembah Sari 2, dan Kelompok Limbungan Baru.
            Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Rumbai Pesisir semakin bersemangat untuk menuju sukses. Hal ini ditandai oleh dibentuknya Kantin PKH yang merupakan sarana berwira usaha untuk seluruh KSM. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan khidmat dan ditutup dengan doa oleh Jasman, Koordinator PKH Kota Pekanbaru.

Foto Pembukaan Acara Oleh Pendamping PKH Kec. Rumbai Pesisir
(Listi Mora Rangkuti, S.S.)

 Foto Penilaian Hasil Kreativitas Ibu-Ibu Peserta PKH

 Foto Penyerahan Piagam Penghargaan Oleh Ibu Indria Rita 
Kepada Pemenang Lomba Kreativitas Ibu - Ibu Peserta PKH

Foto Kantin PKH Kec. Rumbai Pesisir

  Foto Ibu-Ibu Peserta PKH Bersama Ibu Indria Rita,Spd.
 (Istri dari Bapak Wakil Walikota Pekanbaru)


             *Listi Mora Rangkuti, S.S. (Pendamping PKH Kecamatan Rumbai Pesisir)

0 comments :

Back To Top