Breaking News
Loading...
Jumat, 29 Desember 2017

FDS - P2K2 SESI 1 : MENJADI ORANG TUA YANG LEBIH BAIK


Menjadi orangtua yang lebih baik Modul ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman orangtua tentang pentingnya menerapkan pola asuh yang baik di  rumah dan pentingnya pendidikan untuk kesuksesan anak di masa mendatang. Modul ini membahas 4 topik utama yaitu bagaimana menjadi orangtua yang lebih baik, memahami perilaku anak usia dini, memahami cara anak usia dini belajar, dan membantu anak agar sukses di sekolah. Dalam menyampaikan modul ini, diharapkan bahwa penyampaiannya dilakukan secara berurutan dari sesi 1 ke sesi selanjutnya. Berikut merupakan gambaran umum isi setiap sesi.

Sesi 1: Menjadi orangtua yang lebih baik (120 menit)
Ada 2 pesan utama yang ingin disampaikan dalam modul ini. Pertama, orangtua merupakan panutan bagi anak. Point pelajaran yang ingin disampaikan adalah orangtua memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perilaku anak sehingga diperlukan pemahaman tentang perilaku mendidik serta konsekuensi dari perilaku positif dan negatif dari orangtua. Orangtua perlu menyadari bahwa status miskin bukan berarti tidak bisa memiliki  kemampuan mengasuh anak dengan baik.
Kedua, pentingnya kerjasama kedua orangtua dalam mengasuh anak. Meskipun ayah dan ibu memiliki peran yang berbeda dalam pengasuhan, namun tanggungjawab ayah dan ibu adalah sama. Peserta akan belajar berbagai macam cara untuk menjadi lebih kompak sebagai orangtua, menghindari konflik dihadapan anak, termasuk secara khusus mendikusikan bagaimana melibatkan ayah agar dapat membantu ibu dalam pengasuhan sehari-hari.



Karya : INDRA SAKTI [Pendamping Kec. Bukitraya]







3 comments :

Pabrik Jam Masjid Digital mengatakan...

Terimakasih, sangat bermanfaat sekali tulisannya

Sahabat Muslim mengatakan...

Terimakasih, menjadi salah satu inspirasi dalam penulisan contoh khutbah jumat tentang birrul walidain. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

Anonim mengatakan...

Mana lanjutannya

Back To Top