Breaking News
Loading...
Selasa, 01 Desember 2015

UPPKH Kota Pekanbaru Memperingati HKSN TAHUN 2015



PEKANBARU - Hari Kesetiawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2015 diperingati UPPKH Kota Pekanbaru pada Minggu (29/11/2015). Peringatan HKSN 2015 ini bersamaan dengan Acara HUT KORPRI Ke - 44 Tahun 2015. adapun kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu pagi tersebut adalah Gerak Jalan dan Jalan Santai yang dilepas secara resmi oleh Walikota Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST, MTkegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua KORPRI Azharisman Rozie, Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru Chairani S.STP, MSi, serta seluruh pejabat eselon II, III dan IV serta Camat, Lurah juga RT/RW serta Pendamping, Operator PKH Kota Pekanbaru dan Ribuan Masyarakat Kota Pekanbaru. Gerak jalan santai yang ditaja oleh KORPRI Kota Pekanbaru ini menyediakan hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor, puluhan sepeda, dan ratusan hadiah menarik lainnya untuk jalan santai.  

Kesetiakawanan Sosial atau rasa solidaritas sosial adalah merupakan potensi spritual, komitmen bersama sekaligus jati diri bangsa oleh karena itu Kesetiakawanan Sosial merupakan Nurani bangsa Indonesia yang tereplikasi dari sikap dan perilaku yang dilandasi oleh pengertian, kesadaran, keyakinan tanggung jawab dan partisipasi sosial sesuai dengan kemampuan dari masing-masing warga masyarakat dengan semangat kebersamaan, kerelaan untuk berkorban demi sesama, kegotongroyongan dalam kebersamaan dan kekeluargaan.

Oleh karena itu Kesetiakawanan Sosial merupakan Nilai Dasar Kesejahteraan Sosial, modal sosial (Social Capital) yang ada dalam masyarakat terus digali, dikembangkan dan didayagunakan dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk bernegara yaitu Masyarakat Sejahtera. Sebagai nilai dasar kesejahteraan sosial, kesetiakawanan sosial harus terus direvitalisasi sesuai dengan kondisi aktual bangsa dan diimplementasikan dalam wujud nyata dalam kehidupan kita. Kesetiakawanan sosial merupakan nilai yang bermakna bagi setiap bangsa. Jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bangsa dan masyarakat Indonesia pada hakekatnya telah ada sejak jaman nenek moyang kita jauh sebelum negara ini berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka yang kemudian dikenal sebagai bangsa Indonesia.

Jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial tersebut dalam perjalanan kehidupan bangsa kita telah teruji dalam berbagai peristiwa sejarah, dengan puncak manifestasinya terwujud dalam tindak dan sikap berdasarkan rasa kebersamaan dari seluruh bangsa Indonesia pada saat menghadapi ancaman dari penjajah yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa. Sejarah telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan berkat semangat kesetiakawanan sosial yang tinggi. Oleh karena itu, semangat kesetiakawanan sosial harus senantiasa ditanamkan, ditingkatkan dan dikukuhkan melalui berbagai kegiatan termasuk peringatan HKSN setiap tahunnya.

Peringatan HKSN yang seyogyanya dilaksanakan setiap tanggal 20 Desember juga merupakan upaya untuk mengenang kembali, menghayati dan meneladani semangat nilai persatuan dan kesatuan, nilai kegotong-royongan, nilai kebersamaan, dan nilai kekeluargaan seluruh rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Saat ini kita tidak lagi melakukan perjuangan secara fisik untuk mengusir penjajah, namun yang kita hadapi sekarang adalah peperangan menghadapi berbagai permasalahan sosial yang menimpa bangsa Indonesia seperti kemiskinan, keterlantaran, kesenjangan sosial, konflik SARA di beberapa daerah, bencana alam (gempa bumi, gunung meletus, tsunami, kekeringan, dll), serta ketidakadilan dan masalah-masalah lainnya. Sesuai tuntutan saat ini, dengan memperhatikan potensi dan kemampuan bangsa kita, maka peringatan HKSN ini yang merupakan pengejewantahan dari realisasi konkrit semangat kesetiakawanan sosial masyarakat. Dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dalam pelaksanaannya memerlukan berbagai dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen/elemen bangsa, bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama secara kolektif seluruh masyarakat Indonesia. ***knf***



Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT ddampingi Ketua Korpri Azharisman Rozie dan Ketua Panitia Muhammad Jamil, mencabut undian berhadiah sepedamotor dalam jalan santai HUT Korpri 

0 comments :

Back To Top