Breaking News
Loading...
Rabu, 28 November 2018

Pekerja Sosial Supervisor Selenggarakan Coaching FDS, Pendamping Sosial Antusias


Pekanbaru - Dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan program keluarga harapan (PKH) di Kota Pekanbaru yaitu menciptakan perubahan perilaku dan kemadirian keluarga penerima manfaat (KPM) PKH pekerja sosial supervisor menyelenggarakan pelatihan Family Development Session (FDS) bagi pendamping sosial PKH.

Kegiatan pelatihan mandiri ini dibuka oleh Bapak Jasman, S.Sos selaku Koordinator PKH Kota Pekanbaru. “Kegiatan ini perlu kita apresiasi dan perlu kita lakukan, mengingat bahwa sejatinya FDS merupakan salah satu tugas pokok yang harus dilakukan dan disampaikan langsung dengan baik dan benar kepada oleh PDP sosial kepada KPM PKH, agar tujuan dari FDS ini tercapai” ujar Korordinator Kota Pekanbaru.



Kegiatan ini diwajibkan bagi 42 orang pendamping sosial yang dibagi menjadi 3 kelas. Kegiatan ini melibatkan 10 fasilitator yang terdiri dari seorang Pekerja Sosial Supervisor dan 9 orang Pendamping Sosial yang telah mengikuti diklat FDS di BBPPKS Regional I Padang. Sebelumnya peksos supervisor membuat proposal kegiatan pelatihan FDS yang diajukan kepada Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru ibu Chairani, S.STP , M.Si. Setelah proposal disetujui Dinas Sosial Kota Pekanbaru membuat 45 paket modul FDS yang masing-mamsing paket terdiri dari 5 buah modul FDS dan dibagikan kepada pendamping sosial peserta pelatihan FDS. Ketersediaan prasarana seperti modul yang sebelumnnya tidak dimiliki pendamping tentunya membuat pendamping sosial PKH antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan FDS ini.



Kegiatan ini dimulai pada tanggal 22 Oktober 2018  lalu, dimulai dengan modul pegasuhan dan pendidikan anak dilaksanakan sekali seminggu masinng-masing kelas sehingga dalam seminggu ada tiga kali kegiatan pelatihan FDS. Pelatahan FDS ini dilaksanakan di Aula Bina Loka Karya milik Dinas Sosial Kota Pekanbaru.  Seorang Pendamping Sosial menuturkan “Kami senang sekali dengan diadakannya pelatihan ini, jadi pelaksanaan FDS bisa segera dilakukan di lapangan nanti. Apalagi selama ini kami belum pernah mendapatkan pelatihan ataupun diklat FDS. Modul juga diberikan jadi kami tidak harus lg meminjam atau pun memperbanyak sendiri.” Tutur Ica Sri Rahayu, Pendamping Sosial PKH Kota Pekanbaru.

Oleh:  Pekerja Sosial Supervisor Kota Pekanbaru

Ainil Mardhyya, S.Tr.Sos



0 comments :

Back To Top