Breaking News
Loading...
Minggu, 27 September 2015

Kemensos RI Optimistis Bisa Turunkan Angka Kemiskinan Satu Persen

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Sosial optimistis dapat berkontribusi menekan angka kemiskinan sebesar satu persen pada tahun 2019. Penurunan kemiskinan dikeroyok banyak kementerian dan lembaga.
     "Intervensi penanganan dilakukan 19 kementerian dan lembaga. Ada kementerian-kementerian yang memiliki signifikansi untuk bisa mereduksi angka kemiskinan," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai menghadiri launching Desa Sejahtera Mandiri di Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (21/9/2015).

     Khofifah menjelaskan, pemerintah menargetkan angka kemiskinan pada 2019 turun hingga empat persen. Target itu diperoleh setelah melakukan koordinasi dari perhitungan dengan kementerian lainnya.
    Kemensos, jelas Khofifah, bisa berkontribusi satu persen, Kementrian Pertanian kontribusi 1,5 persen, Kementrian Kelautan dan Perikanan 0,5 persen. Sedangkan satu persen lainnya disumbang dari berbagai kementerian dan lembaga penunjang, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
    "Sudah hitung kalau penurunan 4 persen. Kementerian sosial insya Allah optimistis (bisa menyumbang) satu persen," ucapnya.
    Salah satu program dari Kemensos yang bisa mengurangi angka kemiskinan baru dilaunching hari ini, yaitu Desa Sejahtera Mandiri. Program ini hasil kerja sama dengan 14 perguruan tinggi se-Indonesia. Ditargetkan terbentuk kemandirian desa dalam lima tahun.
    "Penerima PKH (Program Keluarga Harapan) pada tahun ketiga, maksimal mereka sudah dapat intervensi Rutilahu (rumah tinggal layak huni), tahun keempat maksimal mereka sudah dapat intervensi Kube (Kelompok Usaha Bersama Ekonomi), tahun kelima sudah siap mandiri, tahun keenam akan diwisuda sebagai keluarga mandiri. Kalau basis keluarga target 5 tahun, tahun keenam wisuda keluarga sejahtera," kata Khofifah.
MBM.
Dikutip dari: Metrotvnews.com
http://news.metrotvnews.com/read/2015/09/21/433384/kemensos-optimistis-bisa-turunkan-angka-kemiskinan-satu-persen
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 comments :

Back To Top