Breaking News
Loading...
Senin, 11 Juli 2016

Back To Work .... Semangat untuk Semua !



Saat-saat Idul Fitri atau lebaran telah berlalu. Namun mumpung masih terasa susasana Lebaran, kami mengucapkan "Taqobbalallahu Minna Wa Minkum - Mohon Ma'af Lahir dan Bathin" Liburan itu harus kita akhiri. Suka ataupun tidak, kini kita harus kembali beraktivitas setelah melewati saat silaturahim yang mengesankan dengan sanak saudara.

Nah, persoalannya, memulai kerja setelah libur lebaran seringkali bukan perkara menyenangkan. Godaan malas dan mengenang saat liburan kerap mengganggu. Bahkan melangkah ke kantor pun sudah berat karena terbayang banyaknya tugas yang akan dihadapi. Apalagi kalau baru ikut arus balik yang bikin penat.
Sebetulnya, adalah hal biasa jika kita merasa kurang enak setelah liburan, entah itu cuti atau libur hari besar. Maklum, beberapa hari kita sudah dibebaskan dari berangkat pagi, dan keluhan Para Peserta Program Keluarga Harapan. Tubuh dan pikiran kita sudah merasakan rileks untuk beberapa waktu. Namun, tentu saja itu tak boleh dituruti. Sebab semakin kita menuruti rasa hati, tubuh ini semakin tidak terkondisikan untuk beraktivitas lagi. Caranya?
Berikut adalah tips membakar semangat seusai libur:
Back to reality
Kita harus menyiapkan mental, pikiran dan tubuh untuk kembali ke ritme sebelumnya. Putar kembali jam tidur, bangun tidur, dan sebagainya seperti waktu sebelumnya. Ingat, libur telah usai. Masa kerja telah tiba.
Masuk lebih awal
Memang berat datang lebih awal. Tapi dengan masuk lebih pagi, kita bisa mengondisikan tubuh dan pikiran untuk kembali ke ritme semula. Selain itu, kita juga bisa melakukan banyak hal dengan masuk lebih awal seperti mengecek surat/email dan tak kalah penting: merapikan tempat kerja setelah ditinggal sekian hari. Tempat kerja yang resik akan menambah semangat kerja.
Kecepatan rendah
Setelah meninggalkan tempat kerja untuk beberapa hari, ritme kerja kita belum normal. Untuk itu, saat baru satu-dua hari baru masuk kerja, mulailah dengan kecepatan rendah. Seperti mobil yang baru dipacu setelah diparkir sekian lama, jangan langsung masuk ke gigi tinggi. Maklum, masa masuk kerja setelah libur adalah masa transisi menuju ritme yang sebelumnya. Setelah cukup panas, baru kita ngebut lagi. Kita perlu smooth return!
Pilih yang mudah
Luangkan waktu untuk menyegarkan ingatan tentang tugas yang masih tertunda karena libur. Dalam konteks memulai lagi bekerja setelah libur, pilih satu-dua pekerjaan yang mudah. Gunanya adalah sebagai ice breaking. Sebagai pemecah kevakuman. Jadi, lakukan sesuatu yang easy and simple! Jangan yang berat-berat dulu!

###SEMANGAT BEKERJA KEMBALI TIM PKH KOTA PEKANBARU###


0 comments :

Back To Top